8 destinasi wisata alam yang tempatnya sangat direkomendasikan dan wajib untuk dikunjungi ketika travelling di banyuwangi

1.Taman Nasional Baluran

Yang menjadi daya tarik dari taman nasional baluran sendiri yaitu ekosistemnya yang berada di padang savana bekol. Anda tidak perlu jauh-jauh ke africa untuk melihat dan menikmati padang savana karena di baluran sendiri juga terdapat padang savana yang sangat luas bahkan baluran sendiri dijuluki dengan Africa Van Java yang terdapat banyak satwa liar yang ada di Baluran seperti Monyet, Rusa, Banteng, Kerbau, Kijang, ular, dan masih banyak lagi. Selain padang savana bekol, di baluran juga memiliki pantai yang indah pada saat menikmati sunrise yaitu pantai bama yang memiliki pasir hitam dan putih. Di sebelah pantai bama pun juga ada Hutan Mangrove yang bisa dilakukan aktifitas seperti exlpore atau menjelajahi hutan mangrove.

2. Kawah Ijen

kawah ijen yang terkenal dengan blue fire nya atau api biru. Blue fire ini cuman ada 2 di dunia yaitu salah satunya di kawah ijen. Saat berkunjung ke kawah ijen jangan sampai melewatkan blue fire pada saat hari gelap sekitar jam 12 an ke atas karena blue fire akan hilang pada saat matahari terbit. Selain blue fire yang menjadi daya tarik utama, kawah ijen juga memiliki pemandangan unik pada kawahnya yang terdapat celah celah tebing curam yang wajib untuk di abadikan.

Tips saat anda mendaki di kawah ijen :

  • Jika anda melakukan pendakian di kawah ijen, jangan sampai anda tidak memakai masker atau penutup hidung karena gas belerang yang di kawah ijen sangat kuat.
  • jangan lupa untuk memakai jaket tebal, sarung tangan, syal dan kaos kaki karena udaranya di kawah ijen sangat dingin.
  • Jangan lupa membawa minuman hangat seperti teh atau kopi saat hendak melakukan pendakian ke puncak.

3. Air Terjun Jagir

Air terjun jagir ini lokasinya berdekatan dengan gunung kawah ijen, salah satu keunikan dari air terjun jagir adalah dalam satu lokasi terdapat 3 air terjun, selain itu kebanyakan masyarakat sekitar menyebut air tejun jagir ini dengan tempat mandinya bidadari karena airnya yang sangat jernih dan langsung dari sumbernya.

4. Pantai Plengkung ( G-land )

Pantai plengkung terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan besar karena mempunyai spot surfing terbaik se asia. Dinamakan G-land karena bentuk pulau nya berbentuk huruf G saat dilihat dari ketinggian. Banyak wisatawan mancanegara yang mengincar lokasi tempat wisata ini karena ombaknya yang bisa di gunakan untuk berselancar/surfing. Tempat wisata ini cocok untuk yang mempunyai hobi surfing ataupun masih pemula dan bagi yang tidak mempunyai hobi surfing juga bisa melakukan aktifitas seperti berenang maupun snorkling. Selain ombaknya yang menjadi daya tarik, pantai ini juga memiliki 3 warna air laut dan masih banyak lagi tentunya. Rutenya pun menuju pantai plengkung sangat menantang, cocok untuk kalian yang suka atau mempunyai hobi petualangan.

5. Djawatan Benculuk

Djawatan benculuk merupakan salah satu destinasi alam yang menarik pada saat anda liburan ke kota banyuwangi. Di djawatan ini terdapat banyak spot-spot foto yang menarik yang bertemakan tentang pepohonan trembesi tua yang masih alami. Tempat wisata ini cocok untuk anda yang instagramable karena setiap sudut Djawatan merupakan spot foto yang paling menarik.

6. Pulau Merah

Dinamakan pulau merah dikarenakan terdapat sebuah bukit kecil hijau yang lokasinya tepat di tepi bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Yang menjadi daya tarik dari pulau merah sendiri yaitu bukit hijau dan ombaknya yang bisa digunakan untuk berselancar. Jika anda ingin mengunjungi bukitnya pulau merah, anda bisa menunggu saat air lautnya surut sekitar jam 14.00 keatas, saat anda sudah sampai ke bukit hijau anda akan disuguhkan oleh keindahan batu-batu yang bisa menjadi spot foto instagramable paling eksotis, selain itu kebanyakan dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau merah mengincar ombaknya yang bisa digunakan untuk selancar dan Kebanyakan yang diincar oleh wisatawan domestik saat berkunjung ke pulau merah yaitu pada saat sunset atau terbenamnya matahari karena menurut mereka spot foto yang paling bagus diambil yaitu pada saat sunset.

7. Teluk Hijau ( GreenBay )

Banyuwangi juga memiliki pesona alam yang sangat indah dan lokasinya pun tersembunyi namun namanya sudah dikenal sampai ke mancanegara, salah satunya yaitu Pantai teluk hijau,Surganya pantai yang tersembunyi di banyuwangi. yang membuat pantai ini menjadi sorotan dari wisatawan yaitu bagian tepi air lautnya yang berwarna hijau tetapi jika kita telusuri sampai menengah airnya berubah menjadi kebiru-biruan. Tapi jangan salah, pantai teluk hijau juga memiliki air terjun yang sangat menawan dan masih alami airnya. Walaupun rute perjalanannya yang cukup adrenaline tetapi sesampai di teluk hijau, anda akan disuguhkan dengan pemandangan lautnya yang sangat eksotis.

8. Pantai Sukomade

Bagi yang pesuka berpetualang dan explore ke suatu tempat wisata yang menantang dan seru, jangan lupa untuk mampir ke pantai sukomade, lokasi ini searah dengan teluk hijau sekitar 15km jika ditempuh. Sukomade ini salah satu surganya tempat konservasi telur penyu yang masih asri atau alami karena minimnya manusia di sukomade membuat telur penyu ini menjadi aman selama bertahun-tahun. Ada 4 spesies penyu di sukomade diantaranya penyu hijau, penyu blimbing, penyu slengkrah, dan penyu sisik. Kebanyakan yang bertelur di sukomade yaitu penyu hijau. anda bisa melihat secara langsung dari penyu bertelur sampai pelepasan anak penyu atau tukik ke laut. Pemandangan dan suasana  yang masih alami banget akan membuat anda betah di sukomade dan pastinya petualangan anda akan tertantang jika berkunjung ke sukomade.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help ? Chat with us